-->

Hukum Nun Mati dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya

Berdasarkan kitab yang berjudul Syifaul Jinan (Kitab yang membahas tentang Ilmu Tajwid), Hukum Nun Mati dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya ini merupakan materi pertama yang wajib dikuasai. Sebab berhubungan dengan materi tajwid selanjutnya. 

Langsung saja, Apabila ada Nun Mati atau Tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang jumlahnya 28 mulai dari alif hingg ya maka hukum bacaannya dibagi menjadi 5, yaitu Idzhar Khalqi, Idghom Bi Ghunnah, Ikhfa, Iqlab

Assalamualaikum. Sahabat kaum muslimin, dalam membaca al-quran kita diwajibkan mengerti tentang ilmu tajwid. Karena dengan ilmu tersebut bacaan al-Quran kita akan benar sesuai panjang pendek dan cara membacanya. Untuk tulah kali ini saya akan berbagi sebuah artikel mengenai Hukum Nun Mati dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya.

Hukum Nun Mati dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya
Hukum Nun Mati dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya.

1. Hukum Bacaan Idzhar Khalqi

1. Hukum Bacaan Idzhar Khalqi

Idzhar Khalqi adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf 6 yaitu أ, ه, ح, خ, ع, غ  maka wajib dibaca idhar khalqi. Idhar artinya jelas, Khalqi artinye di tenggorokan. Jadi jari membaca Idzhar Khalqi haruslah jelas.

Contoh Bacaan Idzhar Khalqi:
أَنْعَمْتَ: نْ – ع

كُلٌّ اَمَنَ : ٌ- ا

اَنْهَارٍ : نْ – ه

2. Idgham Bi Ghunnah
Idgham Bi Ghunnah adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf 4 yaitu ي, ن, م, و maka wajib dibaca Idgham Bi Ghunnah. Idgham artinya memasukkan Bi Ghunnah artinya dengan mendengung. Jadi cara membaca Idgham Bi Ghunnah harus dimasukkan ke huruf setelah nun mati dengan cara mendengung.

Contoh Bacaan Idgham Bi Ghunnah:
مَنْ يَقُوْلُ : نْ – ي

مَاءٍ مُصَفَّى : ٍ – م

مِنْ وَالٍ : نْ – و

3. Idgham Bi La Ghunnah

Idgham Bi La Ghunnah adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf 2 yaitu ل, ر maka wajib dibaca Idgham Bi La Ghunnah. Idgham artinya memasukkan, Bi La Ghunnah artinya dengan tidak mendengun. Jadi cara Idgham Bi La Ghunnah ialah dengan memasukkan ke huruf setelah nun mati dengan tidak mendengung.

Contoh Idgham Bi La Ghunnah:
رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ : ً – ل

مِنْ رَبِّهِمْ : نْ – ر

4. Iqlab

Iqlab adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ب maka wajib dibaca Iqlab. Iqlab artinya membalik diganti dengan mim. Apanya yang diganti dengan mim, yaitu nun mati atau tanwin.

Contoh Bacaan Iqlab
مِنْ بَعْدِ : نْ – ب

سَمِيْعٌ بَصِيْرٌ : ٌ – ب

5. Ikhfa’ Haqiqi

Ikhfa’ Haqiqi adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari hurun 15 yaitu ت, ث, ج, د, ذ, ز, س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك  maka wajib dibaca ikhfa’ khaqiqi. Ikhfa’ artinya Samar, Haqiqi artinya sebenarnya. Jadi cara membacanya ialah samar.

Contoh:
اُنْصُرْنَا : نْ – ص
صَوَابًا ذَالِكَ : ً – ذ

Itulah Hukum Nun Mati dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat.

Related Posts